Stop tergila-gila dengan bahasa pemrograman tertentu



Sering kali kita jumpai di komunitas programmer ada sejumlah orang yang mengagung-agungkan satu atau beberapa bahasa pemrograman, bahkan tak jarang menganggap bahasa pemrograman lain sepele atau tak penting.
Apakah itu salah? Tentu saja. Itu sama saja kita mencederai kebebasan seseorang untuk memilih bahasa pemrograman. Tidak etis saya kira jika mengolok-olok orang lain hanya karena mereka memilih bahasa pemrograman yang berbeda dengan kita.

Mau bagaimanapun itu hanyalah bahasa pemrograman

Iya betul. Mau seberapa besar apapun anda mengelu-elukan bahasa pemrograman yang anda sukai, itu tetap saja bahasa pemrograman. Bagian yang membedakannya yaitu tujuan utama diciptakannya bahasa pemrograman tersebut.
Setiap bahasa pemrograman diciptakan pasti memiliki tujuan awal. Tujuan disini bisa diartikan juga sebagai kegunaan dari bahasa pemrograman tersebut. Ada yang diciptakan untuk Web, ada pula yang diciptakan untuk membentuk sebuah aplikasi Dekstop. Karena itulah kita tidak bisa memandang sebelah mata sebuah bahasa pemrograman, sebab setiap bahasa pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Lalu saya harus gimana ?

Jadilah Enthusiast!

Apa sih itu Enthusiast ? Enthusiast adalah orang yang menyukai bahasa pemrograman tertentu tetapi tetap menghargai bahasa pemrograman lain. Mereka menyukai bahasa pemrograman tertentu karena beberapa hal. Bisa karna mereka nyaman dengan fitur-fitur yang diberikan atau bisa juga karna mereka penasaran dengan apa yang akan ditawarkan oleh bahasa pemrograman tersebut. Intinya mereka menyukai bahasa pemrograman tertentu bukan untuk GAYA-GAYAAN.

Jadi apakah saya hanya boleh menguasai satu bahasa pemrograman ?

Tidak juga! Seperti yang saya katakan sebelumnya, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan kegunaan masing-masing. Tidak menutup kemungkinan jika kita membutuhkan bahasa pemrograman lain untuk menyelesaikan sebuah masalah yang memang tidak cocok jika hanya menggunakan satu bahasa pemrograman tertentu.
Perdalamlah satu, tapi jangan menutup diri untuk bahasa pemrograman lain! jadikan sebagai pendukung bahasa pemrograman yang anda sukai agar mudah menyelesaikan suatu permasalahan.
Ya, itulah sedikit pendapat saya yang dapat saya share disini. Semoga bermanfaat.
terima kasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Stop tergila-gila dengan bahasa pemrograman tertentu"

Post a Comment